Pdt. Paulus Waluyo Wijaya meninggal dunia

paulusBeredar broadcast BBM pagi ini berita yang mengejutkan, “Telah berpulang ke rumah Bapa, Pdt. Paulus Wijaya, Jumat (03/10/2014) pukul 13.00. Disemayamkan di Tiong Hoa Ie Wan Semarang Ruang R. Kebaktian pelepasan Selasa 7 Oktober 08.00 WIB” dan akan dimakamkan di Pemakaman Mount Carmel Ungaran.

Tak lama kemudian, bang Felix memastikan di milis bahwa benar Pdt. Paulus meninggal akibat serangan jantung koroner, setelah sebelumnya sempat dirawat di RS Telogorejo.

Beberapa rekan alumni hampir tak percaya, mengira berita ini hoax, karena tak terdengar kabar sebelumnya bahwa Pdt. Paulus mengeluhkan sakit apalagi sakit berat.  Bang Felix menulis :

Pagi hari Jumat kondisinya sehat kemudian serangan jantung tiba-tiba dan langsung dibawa ke RS Telogorejo. Sekitar pukul 11.00 sudah pergi. Keluarga sangat kehilangan karena meninggal mendadak tanpa gejala sakit.


Mas Agus “Dodith” yang pernah kena serangan jantung sedikit menceritakan pengalamannya.

Ya memang seperti itu, serangan jantung sangat mendadak dan bila kita terkena serangan jantung, maksimal kita hanya punya waktu 3 jam. Jadi sebaiknya kita berjaga-jaga; pengalaman saya waktu terkena “Heart attack “, aku disuntik pakai enzym streptase (untuik membuka jalan darah via arteri, ini sifatnya sementara), setelah beberapa hari kondisiku membaik, baru selanjutnya dipasang “stent”.

gombalAlmarhum Pdt. Paulus semasa hidupnya dikenal suka guyon, bicara jujur blak-blakan, dan senang berbagi.  Teman-teman almarhum dari Realino Angkatan 1976  masih memanggilnya –maaf– “Gombal” (nama suci saat di asrama) karena sampai lansia juga mencandai teman atau menertawakan diri sendiri. Di halaman facebooknya (masih ada), terdapat beberapa foto guyon hasil eksperimennya yang saya kutip di sini.

Beberapa kisah motivasinya yang dikutip di blog Forsino antara lain:

Sebagian komentar dan ungkapan duka dari teman-teman alumni Realino di milis sebagian saya kutip di sini.

Ben Mangitung

Malam ini saya mendapat kabar mengejutkan sekali dari kakak buahku, Wiyanto Wijaya. Dia juga direlay berita dari Felix. Kabarnya, sahabat kita Ev Paulus alias Gombal telah dipanggil Tuhan. Apa benar? Semoga berita hoax. Kalau benar, alangkah menyedihkannya. Siapa bisa mengkalrifikasi kebenaran berita ini?
Salam lanun laut aru.

Benny Marbun

Benarkah? Bila benar, saya berdoa untuk ampunan dosanya. Kiranya diberi kemudahan kembali ke rumah yg sudah disiapkan Yesus. Dan keluarga yg ditinggalkan mendapat penghiburan. Amin.
Benny Marbun siPelayan

Mulyadi DS

Ah,Saudara2 di Semarang benarkah berita ini?
MDS’76

Ardy Kohar

Turut berduka cita sedalam2nya. Saya teringat akan tulisan mas Paulus dimilis ini beberapa tahun yang lampau. Tulisan yang begitu kaya. Nuansa religius, hidup, penuh humor. Semoga mas Paulus sudah tenang di sisiNya
Ardy

Elias Ginting

RIP. Tuhan Yesus kiranya menerima Paulus alias Gombal di sisiNya. Banyak kenangan manis yg ditinggalkan sejak sama2 masuk Realino di thn 1976. Tahun2 terakhir hidupnya dia gunakan utk pelayanan di ladang Tuhan. Selamat jalan sahabat. Salam duka.

Yanto Salim

Selamat jalan forsinowan EV. Paulus, kembali kepangkuan Bapa‎.

Iskandar Wanagiri

Saya sangat terkejut membaca berita ini. Masih teringat sewaktu berjumpa beliau diacara reuni terakhir di Yogja dan sempat ngobrol2 dengan beliau. Selamat jalan buat mas Paulus. Semoga anda selalu bahagia terlahir dimanapun. Semua karma baik yang telah anda lakukan selama ini akan menjadi terang bagi kehidupan anda yang akan datang. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat merelakan kepergian ini. Anicca vatta sankhara – segala yang berkondisi tidak kekal adanya.
to be continued…
 
Iklan