Laporan dari Tallinn, Estonia

Manfaat Hubungan RI-Estonia Harus Dirasakan Oleh Rakyat

Eddi Santosa – detikNews

Tallinn Hubungan bilateral Indonesia-Estonia yang selama ini telah berjalan dengan baik agar dapat lebih ditingkatkan di segala bidang yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat kedua negara.

Harapan tersebut disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Finlandia merangkap Republik Estonia Elias Ginting dalam audiensi dengan Presiden Estonia Toomas Hendrik Ilves seperti disampaikan Pelaksana Fungsi Politik Rumondang Sumartiani kepada detikcom, Sabtu (28/4/2012)

Dalam audiensi seusai penyerahan Surat-Surat Kepercayaan di Istana Kepresidenan Estonia (Kadriorg Palace), 24/4/2012, Duta Besar juga menyampaikan salam hangat dari Presiden RI dan seluruh rakyat Indonesia kepada Presiden dan rakyat Estonia.

Sebelumnya Duta Besar menyampaikan secara singkat situasi umum di Indonesia, khususnya mengenai perkembangan ekonominya.

Presiden Ilves dalam tanggapannya menyampaikan salam hormatnya kepada Presiden RI dan menyampaikan kekagumannya atas kemajuan yang telah dicapai Indonesia selama ini.

Presiden Ilves berharap agar Indonesia dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh kedua negara serta meningkatkan kerjasamanya terutama di bidang ekonomi, pendidikan, teknologi informasi, budaya dan turisme.

Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan antara lain dalam bentuk kunjungan misi dagang, misi budaya, dan pengenalan kuliner Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Duta Besar menyampaikan bahwa Indonesia memiliki komitmen untuk lebih meningkatkan hubungan bilateralnya dengan Estonia dan menyambut baik rencana penunjukan Duta Besar Indonesia untuk Estonia berkedudukan di Tallin. Indonesia mengharapkan agar suatu saat Estonia dapat membuka kedutaan besarnya di Jakarta.

Upacara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Estonia berlangsung dalam suasana hangat dan bersahabat. Prosesi penyerahan diselenggarakan melalui upacara resmi, dimulai dengan penjemputan Duta Besar oleh Protokol Kemlu Estonia menuju Istana Presiden.

Kemudian Duta Besar disambut oleh Kepala Protokol Estonia di halaman Istana Kepresidenan, dilanjutkan dengan prosesi sambutan kehormatan dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta inspeksi pasukan kehormatan.

Di dalam Istana Kepresidenan, Duta Besar diperkenalkan kepada jajaran Sekretariat Kabinet Kepresidenan dan pejabat Kemlu Estonia. Puncaknya adalah prosesi penyerahan Letters of Recall dan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Estonia, disusul audiensi tertutup selama 20 menit. (es/es)

*Elias Ginting adalah alumni Asrama Realino angkatan 1976

Sumber: detiknews, 29 April 2012

Iklan

12 Replies to “Laporan dari Tallinn, Estonia”

  1. Selamat dan luarbiasa, selamat terus meningkatkan nama bangsa dan negara RI….. tuhan selalu melindungi pak Dubes dan keluarga . Salam JP72.

  2. Bang Elgin,

    Selamat dan sukses atas telah diserahkannya Surat-surat Kepercayaan ke Presiden Estonia juga. Kami semua Forsinowan mendukung dalam doa syafaat dan akan secara langsung beberapa Forsinowan akan mengunjungi Abang di Finlandia di bulan Juni nanti.

    Salam hangat dari Jogja.

    Agung S’80

  3. Mas Agung…tks atas dukungan dan doanya.. Sukses utk mas Agung dan ditunggu kedatangannya di Helsinki.. Salam SeV. Elgin.

  4. Dear bang Elgin, Sy ikut bangga. Orang Realno yang rendah hati, care dan sudah menyerahkan surat kepercayaan kepada President Estonia. Tetaplah menjadi bagian dari komunitas Merdeka ini. GBU. Salam hangat dari bandung.

  5. Bung Elias Ginting. Ikut bangga atas prestasinya bung. Sukses selalu dalam menunaikan tugas negara. Sayang sekali, saya dan istri , tidak bisa ikut berkunjung ke Moskwa dan Swedia dalam waktu dekat ini. Ever onward. Salam SeV, Frans Bunandi 72.

  6. El, selamat ya…..kapan ke Moscow…..? Saya sedang di vladivostok, siapkan untuk pertemuan APEC. Mita sambut teman teman kita bulan Juni nanti. Oh ya saya lihat di cable Travel, Estonia sangat layak dikunjungi.

    salam hangat,
    djauhari

  7. SELAMAT SELAMAT DAN HORAS BAH Bang ellias. Kalau saja tour besok saya dapat berkat durian runtuh saya akan ikut dengann keluarga. mumpung bang Jauh dan Bang Ellias jadi Tuan rumah. semoga ada jalan….. Berkah dalam, Bobby jogja

  8. Dear Djau, saya kepingin sekali kunjungi Moscow, sdh dlm program tapi kayaknya masig hrs bersabar karena sekarang masih sibuk hehe…. Atau Djau ke Helsinki dulu…. Betul Djau, Tallinn, Estonia sangat layak dikunjungi… Saya tunggu ya… Sayang teman2 Forsinowan tdk mengacarakan kunjungan ke Estonia…. Tapi kan madih ada kjnjungan rombonfan kedua dan seterusnya ya… Salam.

  9. Bang Elgin yang baik, benar sekali rencana rombongan batch I Forsinowan untuk mengunjungi Bang Djau dan bang Elgin, memang tidak mengcover Estonia. Mungkin batch berikutnya.

  10. Kalau sudah diserahkan, mantaplah itu. Bang Elgin, Selamat berkarya nyata untuk kebesaran bangsa dan negara tercinta ini. Saya ikut bangga atas karya anda.

    Salam,
    Iskandar Wanagiri/81

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s