Apa Siapa Bambang Ismawan

bambang-ismawan……………………………………

Setelah melihat film Giant yang dibintangi James Dean, Bambang Ismawan sempat terdorong untuk menjadi petani besar. Film tersebut memang cerita tentang keluarga petani yang sukses di Texas, di tengah-tengah perubahan masyarakat tradisional menuju masyarakat industrialisasi yang banyak menimbulkan gejolak sosial.

Cita-citanya diurungkan. Tetapi ia tetap mencintai masalah petani dan pedesaan. Berbagai diskusi, pertemuan, atau dialog tentang masalah itu selalu diikutinya.

Ismawan menjabat Sekretaris Jenderal Ikatan Usahawan Pancasila, 1964. Tahun itu pula ia lulus dari Jurusan Ekonomi Pertanian Fakultas Ekonomi UGM. Setahun berikutnya ia menjabat Ketua Umum Ikatan Petani Pancasila, yang semula berkedudukan di Semarang. Ia anak pertama dari lima bersaudara. Ayahnya, Seman Tirtohardjono, seorang pedagang beras. Ibunya, Isnaningsih, adalah aktivis Perwati (Persatuan Wanita Republik Indonesia). “Ibu mendidik saya dalam disiplin. Dari ayah saya belajar wiraswsta,” tuturnya. “Kalau kamu punya modal besar dan berhasil, itu biasa. Tetapi kalau hanya bermodalkan kepercayaan dan berhasil, itu baru sukses,” kaanya menirukan ayahnya.

Tahun 1967, ia mendirikan YSTM (Yayasan Sosial Tani Membangun). Untuk menunjang yayasan itu, didirikan lembaga operasionalnya. Bina Swadaya, 1981, yang juga menerbitkan majalah Trubus.

Ismawan, yang juga Sekretaris Jenderal Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menikah dengan Sylvia Maria Kwee yang dikenalnya sejak di UGM. Ketia anak pertama lahir tahun 1967, Ismawan terpaksa meminjam uang untuk “menebus” anaknya dari rumah bersalin. Begitu pula kejadiannya dengan anak kedua yang lahir tahun 1971.

Ia menggemari tenis dan renang, juga senam San Khung, yang diangapnya “baik untuk peredaran darah.”

.

sumber: Pusat dan Analisa Tempo
Bambang Ismawan adalah Alumni Asrama Realino 1957
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s