Anak-anakku sekolah di Rossal #1

Oleh; Gufron Sumariyono
Bagian 1

.

Rossall adalah salah satu dari sekolah menengah swasta di UK yang masih menyediakan asrama bagi murid2nya, sebagian murid2 yang lain pulang ke rumah masing2, karena orang tua mereka memang tinggal dekat Rossall. Rossall School terletak di kota Fleetwood, district Lancashire, Propinsi North West England. Dari Manchester Airport, kira2 berjarak 120 km, naik mobil ke arah Utara kira2 1,5 jam (lewat freeway) sampai di kota Preston, lalu belok kiri memakai jalan biasa menuju kota Fleetwood. Daerah Lancashire adalah sebuah provinsi di England yang jadi penghasil pertanian dan peternakan yang utama seperti susu, keju, daging sapi, ayam, babi dan domba. Hasil pertaniannya meliputi kentang, oats, barley, sugar beat dan wheat. Curah hujannya cukup tinggi, tidak ada snow di musim winter, tetapi anginnya selalu kencang karena terbuka menghadap ‘Iris Sea’. Penduduknya ngumpul di kota seperti Fleetwood, Cleveleys, Blackpool, Preston, ini termasuk kota2 yang kecil, disini enak kok tidak ada rasialisme, sebagian kecil (kira2 4-5%) turunan atau imigran2 dari Commonwealth countries seperti India, Malaysia, dan Afrika. Sebagian besar penduduk asli Inggris. Banyak pensiunan yang memilih tinggal di daerah ini.

Rossall School dibangun tahun 1844,  jadi sudah 163 umurnya, merupakan sekolah yang unik karena masih mempertahankan sistim pendidikan yang sangat tradisionil, yaitu sistim British, yang sudah mulai ditinggalkan. Rossall masuk dalam Top 100 ISN in England. Di Rossall ada Nursery penampungan untuk balita, Taman Kanak2, Elementary, GCSE atau etara SLTP, dan A-Level atau setara SLTU.

Semua murid-muridnya berseragam, celana dan jasnya biru tua marine dengan memakai dasi strip-strip, kalau musim dingin ada rompi merah menyala. Sebagian guru2nya tinggal di Rossall bersama keluarganya istri dan anak-anaknya. Ada 10 bangunan asrama yang masing2 dihuni sekitar 40 anak dari SD, GCSE dan A-Level. Lalu diasrama itu ada pemimpin asrama yang bertanggung jawab istilah nya pastoral care.

Jumlah murid sekitar 660 an, 400 anak Inggris dan 260an anak dari luar Inggris, umumnya dari negara2 Commonwealth, umur murid dari 2 tahun sampai 18 tahun, Jumlah guru ada 77-80. Perbandingan guru dan murid rata2 1 : 10.

Bangunan2-nya dari luar memang terlihat kuno, maklum sudah lebih dari 150 tahun lebih umurnya, tetapi setiap tahun setiap bangunan dikontrol oleh pejabat pemda Lancashire untuk pengamanan kebakaran, dan harus memiliki dan memperoleh Certificate.

Luas kompleknya 161 acres (+/- 64,4 ha) terletak ditepi pantai ‘Irish Sea’ menghadap ke pulau Irlandia. Setiap hari ada ferry yan berlayar menuju ke kota Douglas, Isle of Man , pulau kecil terletak diantara Inggris dan Irlandia, dari situ bisa dilanjutkan ke Belfast ibukota Irlandia. Kira2 5 km dari sekolah Rossall arah keutara ada pelabuhan ikan, namanya Fleetwood, makanya restoran di Cleveleys dan Fleetwood  disitu terkenal dengan menu ‘Chip and Fish’  ikannya memang segar2 dan pasti tanpa formalin, dengan harga relatif murah.

Di selatan Rossall School kira-kira 10 km ada kota Blackpool, sebuah kota pariwisata yang terkenal di Inggris bagian Barat merupakan holiday destination, karena banyak Holiday flat yang bisa disewa mingguan dan bisa masak sendiri. Dari Fleetwood ke Blackpool bisa naik kereta api zaman baheula yang memang sengaja dipertahankan untuk atraksi turis.

Ketika anak-anak saya masuk Rossall, Rahma berumur 15 tahun, baru tamat SMP Al Azhar. Sedang Dhani (laki2) berumur 13 tahun, Dhani baru naik kelas 2 SMP Labs School IKIP Rawamangun. Bagaimana kisah mereka berdua masuk Rossall? Nantikan ceritera bagian ke-2.

.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s